Thursday, 19 January 2017

   Cara Menyusun Skripsi Yang Benar

  Halo sobat semuanya?. Apakah Anda sedang disuruh untuk membuat skripsi akan tetapi Anda tidak tahu bagaimanakah caranya membuat skripsi itu?.
Maka dari  itu disini saya akan memberikan sedikit pengetahuan kepada Anda tentang cara menyusun skripsi.
Tugas yang sering menjadi hal yang dirasa berat bagi seorang mahasiswa
dalam perguruan tinggi ialah membuat karya ilmiah yang berupa skripsi. Skripsi inilah yang nantinya dapat digunakan sebagai  alat untuk mengukur tingkat kemampuan seorang mahasiswa tentang cara berpikir, kemampuan mengatasi masalah, penggalian suatu ilmu baru yang akan dikembangkan untuk menjadi solusi bagi lingkungan maupun masyarakat.
Cara Menyusun Skripsi
Membuat skripsi bagi para mahasiswa adalah pekerjaan wajib pada semester akhir. Dimana nantinya skripsi ini digunakan sebagai tolak ukur pemahaman siswa serta digunakan sebagai aspek penilaian terhadap mahasiswa tersebut.
Akan tetapi membuat skripsi ini bukan perkara yang mudah, dikarenakan apabila belum tahu cara pembuatannya maka akan sangat sulit untuk membuatnya.
Maka dari itu saya akan memberikan penjelasan mengenai cara menyusun skripsi  yang baik dan benar. Seperti apakah itu, silakan disimak pembahasannya.

Cara Menyusun Skripsi Yang Baik Dan Benar
Pada dasarnya  membuat skripsi  itu hampir sama dengan membuat makalah yang hal ini bertujuan untuk syarat menyelesaikan tugas akhir pendidikan.
Bedanya disini  yaitu apabila membuat skripsi itu untuk mendapatkan data yang diperoleh harus  melakukan survey terlebih dahulu dan melakukan semuanya tentang apa yang akan ditulis, sedangkan untuk membuat    makalah data data yang diperoleh bisa bersumber dari buku ataupun media lainnya seperti internet.
Susunan yang dimuat dalam skripsi juga sebenarnya hampir sama dengan susunan pada pembuatan makalah atau karya ilmiah lainnya, dimana hal ini dapat menjadikan proses pembuatanya lebih mudah.
Akan tetapi karena skripsi itu berisi tentang berbagai survey serta penelitian yang telah dilakukan, maka tentunya isi dan pembahasannya juga akan lebih panjang dan lengkap.
Susunan skripsi yang benar
Dalam membuat skripsi kita harus memperhatikan urutan pembuatannya yaitu:
  • Sampul
  • Lembar Pengesahan
  • Lembar pernyataan
  • Lembar persetujuan
  • Kata pengantar
  • Penjelasan singkat dari kegiatan
  • Penjelas: daftar isi, gambar, logo, pengertian dari singkatan, lampiran dan juga istilah.
  • Inti: latar belakang, identifikasi masalah, dan rumusan masalah
  • Tujuan umum, tujuan khusus dan manfaat umum maupun khusus dari kegiatan.
  • Konsep dan hipotesis
  • Metode yang digunakan dalam penelitian
  • Hasil penelitian
  • Pembahasan
  • Kesimpulan dan saran
  • Daftar pustaka serta lampiran
Alur pembuatan skripsi
Untuk membuat skripsi Anda harus memperhatikan dan mengikuti alur atau proses pembuatan yang telah ditentukan yaitu:
  1. Tentukanlah tema yang akan dibuat. Tema yang dimuat harus sesuai dengan isi dari skripsi tersebut.    Pembuatan tema usahakan singkat tapi mampu menggambarkan isi dari keseluruhan skripsi tersebut.
  2. Tentukanlah kerangka skripsi. Dengan menentukan kerangka maka akan mempermudah serta lebih fokus terhadap 1 hal yang telah ditentukan sehingga tidak keluar dari jalur permasalahan.
  3. Lakukanlah survey serta analisis terhadap topik yang sedang Anda buat.
  4. Buatlah bagian penutup dengan kesimpulan dan saran. Usahakan agar Anda memberikannya sesuai dengan fakta.
  5. Lakukanlah koreksi kembali terhadap apa yang telah ditulis. Perbaiki setiap kesalahan mulai dari ejaan,    penggunaan kosakata, dan penggunaan kaidah EYD.
Ya, itulah pembahasan mengenai cara menyusun skripsi  yang saya harapkan dapat berguna bagi Anda yang sedang dalam proses membuat skripsi.

No comments:

Post a Comment